Bismmilahirrahmannirrahim

Bismmilahirrahmannirrahim

Sabtu, 09 Oktober 2010

13.49.00

Mencapai Kebahagiaan

Mungkin anda pernah atau bahkan sering mendengar seseorang berkeluh kesah seperti ini:
"Kapan ya.aku bisa merasakan suatu kebahagiaan?" atau "Kenapa hidupku tidak sebahagia
mereka ya?" atau juga ungkapan lain yang senada yang intinya menyatakan bahwa hidup
mereka tidaklah bahagia.
saya sendiri pernah mempunyai pikiran seperti itu. Sampai pada akhirnya, saya
mendapat beberapa pelajaran ketika membaca buku karangan Glen Van Ekeren, 12 Rahasia
Kecil Munuju Hidup Bahagia (P.T. Gramedia Pustaka Media,2001).

Saran yang disampaikan lewat buku tersebut ternyata sangat membantu penulis untuk
semakin benar-benar menikmati indahnya hidup yang diberikan Sang Pencipta. Indahnya
seluruh yang ada dalam diri saya sendiri, indahnya mempunyai keluarga, indahnya
berjuang demi karir, dan bahkan indahnya menjalin komunikasi dan persahabatan dengan
banyak orang, tak lagi ingin disia-siakan oleh penulis.
Ingin saya berbagi sekedar tips yang disampaikan buku tersebut, yang mungkin bisa
berguna bagi anda, yang telah saya rangkum dalam poin-poin di bawah ini:

•Milikilah kemurahan hati (Peter Marsh: Hidup diukur bukan berdasarkan lamanya,
melainkan berdasarkan besarnya sumbangan yang diberikan)
•Milikilah harapan dan juga berikanlah harapan kepada orang lain. (Erwin Federman: Orang
menyukai kita bukan dari siapa diri kita, tapi dari apakah kita dapat membuat orang
tersebut senang)
•Jadilah orang yang ramah dan milikilah keramahan. Kahlil Gibran: Kesalahan kita yang
paling buruk adalah terlalu sibuk mengurusi kesalahan orang lain)
•Carilah sahabat dan pererat persahabatan. (John R. O'Neil: Sahabat adalah seseorang yang
dapat kita andalkan untuk mendapat pengertian, dukungan, kebebasan mengambil
keputusan, dan bila kita beruntung, wawasan, kebijaksanaan, termasuk kekonyolan yang
pernah diperbuatnya).
•Berikanlah bantuan kepada yang membutuhkan dan tumbuhkanlah empati kepada yang
merasa tersingkir dan kesepian. (Bunda Teresa: Kemiskinan yang paling menyedihkan
adalah kesepian dan rasa tidak diinginkan).
•Pahamilah arti cinta dan raihlah sejati. (Leo Buscaglia: Tak perlu dikatakan bahwa hampir
semua orang mendambakan dapat saling mencintai lebih kuat, lebih kreatif dan lebih
menghargai).
•Jangan pelit untuk mengampuni kesalahan orang lain dan mintalah maaf jika anda yang
bersalah. (Thomas Fuller: Orang yang tidak dapat memaafkan orang lain sama dengan
merusak jembatan yang harus dilaluinya; karena setiap orang selalu harus dimaafkan).
•Kembangkanlah sikap menerima dan berani mengalah untuk menang. (Max Gunther: Jika
anda bermain tarik tambang dengan seekor harimau, lepaskanlah tambang itu kepadanya
sebelum ia menggigit tangan anda. Anda selalu bisa membeli tambang baru).
•Milikilah sikap pengertian yang luas. (Carl Rogers: Jika saja aku mampu mendengar apa
saja yang dikatakannya, jika saja aku mampu memahami perasaannya, jika saja aku
mampu merasakan nuansa-nuansa emosi yang dimilikinya, maka aku akan ammpu
membebaskan kekuatan perubahan yang dasyat dari dalam dirinya)
•Komunikasi jangan pernah anda tinggalkan. (Archi Bunker: Penyebab anda tidak
memahami saya adalah karena saya bicara bahasa Inggris sedangkan anda mendengarkan
dalam bahasa Dingbat).
•Ucapkan rasa syukur atas apa yang anda terima dari keluarga setiap harinya, dan
berikanlah yang terbaik yang bisa anda lakukan untuk mereka, serta hargailah usaha orang
lain. (Jerry D. Twentier: Kendati kita hidup di jaman supersonik, teknologi tinggi, sulap, dan
komputer canggih, tidak ada perkakas teknik yang sanggup menyamai keampuhan pujian).
•Resapkanlah seluruh hal diatas dalam hati anda dan mulai bukalah lembaran baru untuk
esok harinya.
Selamat menikmati kebahagiaan anda!
Ref: Ekeren, Van, Glen. 2001. 12 Rahasia Kecil Munuju Hidup Bahagia.Jakarta: P.T.
Gramedia Pustaka Media

0 komentar

Posting Komentar (Old Form)

Entri Populer

hujan salju

Pengikut